Ads 468x60px

Sabtu, 21 April 2012

Tawes





Tawes
Ikan putihan berukuran sedang, panjang total hingga 330 mm. Gurat sisi 29-31 buah. 3 – 3½ sisik antara gurat sisi dengan sirip perut. Sirip dubur dengan 6½ jari-jari bercabang. Siapa tidak tahu. Inilah ikan tawes, Tawes (Barbonymus gonionotus Bleeker, 1850) sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae. Merupakan salah satu jenis ikan yang penting dan populer dikembangkan dalam akuakultur, kolam sebagai ikan konsumsi sama perlunya dengan ikan mas dibanding ikan bandeng, namun itu atas selera dan adat daerah masing-masing.

Di alam bebas, tawes ditemukan hidup di jaringan sungai dan anak-anak sungai, dataran banjir, hingga ke waduk-waduk. Agaknya ikan ini menyukai air yang diam menggenang. Tercatat pula migrasi ikan ini meski tidak terlampau jauh, yakni dari sungai besar ke anak-anak sungai, saluran, dan dataran banjir, khususnya di awal musim hujan. Penyebaran alaminya tercatat di Sungai Mekong, Chao Phraya, Semenanjung Malaya, Sumatera dan Jawa.

Secara alami tawes menyebar luas di Indocina dan kepulauan Sunda. Telah dibudidayakan di kolam-kolam setidaknya semenjak abad ke-19, tawes juga diintroduksi ke pulau-pulau lain; misalnya ke Sulawesi. Sementara, menurut catatan FAO, ikan ini juga diintroduksi ke Filipina (1956) dan ke India (1972). Hingga ke Cikadueun.
Oleh: Tebe Mukri
Judul Tawes, Ditulis Pada: Sabtu, 21 April 2012 ~ 00.22.00
Dalam
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Close
Like nya donk...
widget by Blogna urang Cikadueun
We on Scribd DMCA.com