علاج الغضب
وعلاج الغضب بالأدوية المشروعة يكون بطريقين :
الطريق الأول : الوقاية :
ومعلوم أن الوقاية خير من العلاج ، وتحصل الوقاية من الغضب قبل وقوعه باجتناب أسبابه
ومن هذه الأسباب التي ينبغي لكل مسلم أن يطهر نفسه منها : الكبر ، والإعجاب بالنفس ، والافتخار ، والتيه ، والحرص المذموم ، والمزاح في غير مناسبة ، أو الهزل وما شابه ذلك
الطريق الثاني : العلاج إذا وقع الغضب :
وينحصر في أربعة أنواع كالتالي :
النوع الأول : الاستعاذة بالله من الشيطان ، قال اللّه تعالى : { وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ }
وعن سليمان ابن صُردٍ - رضي الله عنه - قال : « استَبَّ رجلان عند النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم ونحن عنده جلوس وأحدهما يسبّ صاحبه مغضبًا قد احمر وجهه ، فقال النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم : إني لأعلمُ كلمة لو قالها لذهب عنه ما يجد . لو قال : أعوذ باللّه من الشيطان الرجيم »
النوع الثاني : الوضوء ، عن عطية السعدي - رضي الله عنه - قال : « قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " إن الغضب من الشيطان ، وإن الشيطان خُلِقَ من النار ، وإنما تطفأ النار بالماء ، فإذا غضب أحدكم فليتوضأ » .
النوع الثالث : تغيير الحالة التي عليها الغضبان ، بالجلوس ، أو الخروج ، أو غير ذلك ، عن أبي ذر - رضي الله عنه - قال : إن رسول اللهّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم قال لنا : « إذا غضب أحدكم وهو قائم فليجلس ، فإن ذهب عنه الغضب وإلّا فليضطجع »
النوع الرابع : استحضار ما ورد في فضل كظم الغيظ من الثواب
Obat amarah
Pengobatan kemarahan dengan obat adalah anjuran agama (sah) dan ada dalam dua cara:
Cara pertama: Pencegahan:
Telah diketahui bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, dan Anda mendapatkan perlindungan dari kemarahan sebelum hal itu terjadi dengan menghindari penyebabnya
Hal ini untuk alasan-alasan yang harus setiap Muslim untuk memurnikan dirinya sendiri, termasuk: kesombongan, kagum, bangga, mencemooh, loba, lelucon yang tidak patut, atau humor dan sejenisnya
Cara kedua: Pengobatan Jika terjadi kemarahan:
Dan terbatas pada empat jenis sebagai berikut:
Tipe I: Mencari perlindungan Allah dari setan, Allah berfirman: {Dan Jika saran dari setan, maka berlindunglah kepada Allah Mendengar lagi Maha Mengetahui.
Dan Sulaiman Ibnu Sard - ra. - berkata: «Saling cemooh dua laki-laki dekat Nabi saw, dan kami sedang duduk disampingnya, dan salah satunya mengutuk rekannya sambil marah, hingga merah wajahnya, kata Nabi, saw: Aku yang tahu kata-kata, jika diucapkannya oleh dia, maka hilanglah apa yang telah ditemuinya. Jika ia berkata: Aku berlindung dengan Allah dari setan yang terkutuk »
Tipe II: wudhu, Dari 'Athiah-Sa'di - ra. - berkata: «Rasulullah saw: bersabda" Sesungguhnya amarah itu dari Setan, dan Setan diciptakan dari api, tetapi mematikan api dengan air, jika marah seseorang dari kamu, biarkan dia melakukan wudhu ».
Tipe III: Mengubah keadaan Kemarahan itu, duduk, atau memperkecil, atau sebaliknya, dari Abu Dzar - semoga Allah senang dengan dia - berkata: Rasulullah saw mengatakan kepada kami: «Jika marah seseorang dari kamu, bila dia berdiri maka duduklah, jadi kemarahannya akan hilang »
Tipe IV: megingat akan pahala keutamaan menahan diri.