Ads 468x60px

Senin, 09 April 2012

Lobi-lobi






Lobi-lobi (Flacourtia inermis) adalah pohon buah-buahan yang berasal kawasan Asia beriklim tropis termasuk Malesia.[1] Tumbuhan tahunan ini dalam bahasa Inggris disebut batoko plum, dan juga ditanam di kawasan tropis Dunia Baru.[2] Pohon ini ditanam sebagai peneduh dan diambil buahnya. Orang Sunda menyebutnya loba-lobi atau balobi, orang Minangkabau menyebutnya lubi-lubi, dan orang Batak menyebutnya balakko.

Bentuk tumbuhan berupa pohon dengan ketinggian 3 m hingga 10 m.[3] Daun tunggal, duduk berseling, dan bertangkai pendek. Helaian daun bentuknya lonjong, panjang 8-20 cm, lebar 3-15 cm.

Buah buni, bulat, berbiji banyak, diameter 1-3 cm. Kulit buah lunak, permukaan licin. Buah muda berwarna hijau kekuningan, bila sudah masak kulit buah berwarna merah tua hingga ungu kehitaman. Rasa buah masam hingga sangat masam, kadang-kadang manis atau sepat. Daging buah hanya sedikit mengandung air. Buah dimakan setelah dijadikan rujak, selai, manisan, atau dimasak dengan gula untuk diminum sebagai sirup, bahkan terasa enak untuk yang lagi ngidam.

Referensi

  1. ^ "Flacourtia inermis Roxb.". Germplasm Resources Information Network (GRIN). Diakses pada 31 Oktober 2009.
  2. ^ "Louvi". Diakses pada 31 Oktober 2009.
  3. ^ "Flaucortia inermis Roxb.". Diakses pada 31 Oktober 2009.
Oleh: Tebe Mukri
Judul Lobi-lobi, Ditulis Pada: Senin, 09 April 2012 ~ 10.20.00
Dalam
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Close
Like nya donk...
widget by Blogna urang Cikadueun
We on Scribd DMCA.com