Ads 468x60px

Jumat, 25 Mei 2012

Edit Template Jadi SEO Friendly






SEO Friendly
Optimalisasi SEO pada blog memang sangat penting agar blog kita menjadi nomor satu di google. Karena dengan mengoptimalkan SEO di blog kita maka akan maka blog kita akan mudah untuk mendapatkan pengunjung dari dunia maya ini.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan SEO di blog kita adalah mengedit template blog kita sedemikian rupa agar SEO friendly. Sebenarnya sudah banyak beredar template yang SEO friendly di luar sana, tetapi bagi anda yang merasa template anda sayang untuk diganti, maka dengan cara mengedit template menjadi seo friendly ini menjadi salah satu solusinya.

Dan berikut ini rentetan cara agar template blog anda menjadi SEO friendly.

1.Page Title.
Pada postingan teman-teman blogger sudah menjelaskan secara gamblang tentang page title ini. Biasanya format page title pada blogspot adalah Judul blog : Judul posting, agar template kita di sukai oleh mesin pencari, maka kita harus merubah format page title nya menjadi Judul posting | Judul blog . Untk cara mengeditnya anda bisa megunjungi link ini Mengubah Page Title Pada blog.

2. Meta Keyword dan Deskripsi.
Suatu mesin telusur/pencari seperti google sangat menyukai blog yang sesuai tema dan isi conten nya. Jadi anda harus menambahkan suatu tag yang namanya meta tag. Caranya adalah dengan menambahkan kode dibawah ini sebelum kode <b:skin>< ![CDATA[/* .

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci , kata kunci" />
</b:if>


Catatan : Tulisan kata kunci, isikan dengan kata kunci yang anda incar, dan kata kunci itu harus sesuai dengan tema blog kita.
Kalau sudah yakin, save template anda.

3. Memasang Menu Navigasi Breadcrumbs.
Menu navigasi breadcrumbs sangat penting untuk melengkapi navigasi blog kita. Dan dengan cara ini maka mesin pencari seperti google akan menyukai blog kita. Fungsi dari navigasi breadcrumbs ini adalah untuk memudahkan pengunjung suatu blog untuk kembali ke halaman sebelumnya dan mengetahui halaman-halaman apa yang telah mereka kunjungi. Untuk memasang menu navigasi breadcrumbs ini sobat bisa mengunjungi link ini : Cara Membuat Navigasi Breadcrumbs Pada Blog.

4. Memasang Related posts.
Related posts sangat penting untuk SEO, dan berguna untuk pengunjung. Jadi tunggu apalagi silahkan untuk memasang related posts di blog anda. Bagi yang ingin memasang related posts di blog nya dan ingin tahu fungsinya, anda bisa mengunjungi link ini : Cara Membuat Related Posts Di Bawah Posting.

5. Mematikan setinggan Arsip.
Karena google sangat benci sama yang namanya duplikat konten. Ada sebuah kejadian yang seperti ini. Anda membuat sebuah blog di blogger, jadi ketika kita mengaktifkan menu arsip dan anda membuat postingan 3 buah posting per hari, maka di halaman utama blog anda akan muncul tiga posting dan sebuah link arsip seperti ini http://blogagan.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, dan pada link arsip tersebut akan memunculkan tiga postingan yang sama dengan postingan yang ada dihalaman utama blog anda. Intinya adalah dua buah link yang menuju dua halaman yang berbeda tetapi memiliki isi konten yang sama. Bagi mesin telusur apalagi google, ini adalah masalah yang sangat serius. Maka dari itu kita harus me-nonaktifkan opsi arsip, dengan cara : Klik tab setting > Archiving > pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive kalau sudah simpan settingan anda.

Atau jika anda tidak ingin menonaktifkan opsi arsip anda juga bisa menambahkan kode ini di bawah kode <head>.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>

6. Menambahkan Kode 'rel =canonical'
Fungsinya adalah untuk menghindari konten ganda, yang tidak disukai oleh google. Untuk memasang nya sobat tinggal menambahkan kode ini di bawah kode <head>.

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />


7. Tag Heading.
Google sangat menyukai tulisan atau judul sebuah postingan dengan menggunakan tag H1. caranya adalah sebagai berikut.

Cari kode yang kira-kira mirip seperti ini.

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

Pada beberapa template mungking menggunakan H2 atau H3. Jadi sesuaikan dengan template sobat. kalau sudah ketemu, sobat ganti kode h2 atau h3 nya dengan kode h1. Kalau sudah anda cari kode ]]></b:skin> dan letakkan kode dibawah ini sebelum kode ]]></b:skin>.

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em;
}

Nah begitulah pengetahuan yang saya dapat dari blognya para master seo, Jika anda ingin mengutarakan pendapatan anda pada postingan Cara Mengedit Template Menjadi SEO Friendly kali ini, silahkan untuk mengutarakan pendapatnya dengan cara berkomentar. Terimakasih.
Oleh: Tebe Mukri
Judul Edit Template Jadi SEO Friendly, Ditulis Pada: Jumat, 25 Mei 2012 ~ 17.46.00
Dalam
2 Comments
Tweets
Komentar

2 komentar:

 
Close
Like nya donk...
widget by Blogna urang Cikadueun
We on Scribd DMCA.com